Tahapan BAGJA dalam Upacara Bendera yang Berpihak pada Murid
Prakarsa Perubahan |
Upacara Bendera yang Berpihak
pada Murid dan Dinantikan Warga Sekolah |
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang Perlu
Dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat pertanyaan (Define) |
· Hal apa yang paling baik dapat Anda temukan dari upacara bendera yang
biasa dilakukan di sekolah? · Hal apa yang paling menarik untuk kita
pelajari dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah selama ini? · Hal apa yang tidak menarik dari pengalaman mengikuti upacara
bendera di sekolah |
·
Mengamati kegiatan upacara bendera dan mencatat hal baik yang telah terjadi ·
Mencatat
hal yang paling menarik untuk dipelajari dari pengalaman mengikuti upacara
bendera ·
Mencatat
hal yang tidak menarik dari pengalaman mengikuti upacara bendera |
A-mbil pelajaran (Discover) |
· Siapa saja yang dilibatkan dalam pelaksanaan upacara bendera? · Apa peran masing-masing petugas dalam
upacara bendera tersebut? |
·
Mencatat keterlibatan peserta upacara bendera ·
Mempelajari
peran masing- masing petugas. |
G-ali mimpi (Dream) |
· Apa kebiasaan baru yang dapat dilakukan
dalam upacara bendera yang berpihak
pada murid? · Bagaimana rencana ke depan agar upacara yang
dilaksanakan lebih menarik? |
·
Mengamati
ekspresi, mengamati stiap kegiatan
peserta upacara dan mengamati antusiasme
murid ketika mengikuti upacara. ·
Memikirkan upaya menghidupkan
suasana upacara bendera agar lebih menarik dan
menyenangkan. |
J-abarkan rencana (Design) |
·
Langkah inovatif apa yang dapat dilakukan agar upacara
bendera tidak membosankan? |
·
Saat pembina
upacara selesai memberikan sambutan, diberikan kesempatan kepada tiga orang
anak untuk menyampaikan hal menarik yang
dialaminya ketika pelaksanaan upacara bendera. ·
Memberikan kesempatan kepada tiga orang anak untuk
menyampaikan hal yang tidak menarik ketika upacara bendera berlangsung,
sehingga menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan upacara yang akan datang. |
A-tur eksekusi (Deliver) |
· Siapa saja
yang akan terlibat dalam mewujudkan rencana tersebut? ·
Kepada siapa laporan kegiatan yang telah direncanakan
mengalami kemajuan? ·
Siapa yang memberikan umpan balik dari laporan tersebut? |
· Memberi usulan kepada rekan guru melalui
rapat bersama pimpinan terkait rencana. ·
Bekerjasama dengan wali kelas
masing-masing jenjang. ·
Melakukan refleksi kegiatan dalam rapat guru · Membuat laporan kegiatan bulanan yang berisi perkembangan program kepada kepala
sekolah. · Kepala Sekolah memberikan umpan balik terkait
kegiatan yang telah dilakukan. |
Perbandingan
Keadaan
Upacara Biasanya |
Upacara Versi Baru |
Petugas
upacara merupakan siswa pilihan yang dianggap mampu untuk melaksanakan tugas. |
Petugas upacara digilir sehingga semua siswa di sekolah merasakan
bagaimana menjadi petugas upacara serta semua siswa siap terhadap tugas apa
saja yang ditujukan kepadanya. |
Hanya pembina upacara yang memberikan amanat. |
Peserta didik yang ditunjuk saat itu dapat
menyampaikan hal yang menarik dan hal yang tidak menarik selama proses
pelaksanaan upacara, sehingga hal menarik dapat menjadi sumber kekuatan yang
perlu dipertahankan dan dikembangkan, sedangkan hal yang tidak menarik dapat
dijadikan sebagai bahan perbaikan. |
Pelaksanaan
upacara terasa biasa saja |
Pelaksanaan upacara menjadi lebih berwarna dan
menantang karena ada kesempatan penampungan aspirasi dari para peserta didik. |
Pemilihan dan penunjukkan petugas upacara hanya terfokus pada siswa
yang mumpuni. |
Dengan
diterapkannya pembagian tugas yang merata kepada semua siswa, hal ini akan
menimbulkan ilmu dan pengalaman baru dari semua siswa sehingga mereka dapat
mengasah keterampilan serta kemampuan mereka dalam semua tugas yang terangkum
dalam pelaksanaan upacara bendera. |
0 komentar:
Posting Komentar